Selasa, 09 Juni 2009

Tips Mencegah Virus Komputer

Virus, yang namanya virus memang selalu membuat jengkel bagi mereka yang terkena dampaknya. Perkembangan virus bukanlah berkembang tiap bulan, atau tahun, tapi perkembangan virus sekarang ini sudah sangat tinggi bahkan tiap hari orang dapat membuat virus jangan kan perhari bahkan tiap jam virus sudah bisa dibuat. Jadi kita harus ekstra berhati-hati untuk menjaga komputer kita dari serangan virus-virus itu.
Penyebaran virus saat ini sudah banyak melalui media-media yang kita gunakan sehari-hari misalnya saja, seperti tempat penyimpanan data(flashdisk) atau bahkan diinternet banyak cara virus untuk menyusup dan masuk ke dalam komputer kita yang pengaman komputer nya sangat lemah.

Jadi saya ada sedikit tips untuk mencegah virus masuk kedalam komputer kita:

-Pertama kita harus menggunakan antivirus yang terus kita update, jadi sekarang ini kayaknya komputer kita gak bisa terlepas yang namanya jaringan internet. Jika komputer kita tidak terhubung kejaringan kita juga dapat meng-update antivirus kita secara manual. Contoh antivirus yang dapat kita update manual adalah AVG
-Jika kita memasukkan flashdisk, alangkah baiknya jika icon flashdisk nya jangan di-klik double, tapi pilih tampilan folder yang berada diantara search dan view. Karena jika kita men-klik double pada icon flashdisk yang ada virusnya maka, virus tersebut akan langsung masuk kedalam komputer kita.
-Kalau yang tadi adalah melalui media penyimpanan seperti flashdisk, virus ada juga yang menyebar melalaui internet bahkan virus dari internet lebih ganas dan juga berbahaya. Jadi baiknya kita selalu meng-aktifkan firewall kita.

5 komentar:

abdiindonesia mengatakan...

selamat anda mendapatkan sebuah penghargaan BLOG STAR AND INNOVATION AWARD [SEASON 2], silahkan buka http://abdiindonesia.wordpress.com/

Miawruu mengatakan...

thanks tipsnya. btw, avira bagus ga???

salam kenal yow

Siswa berwawasan IT mengatakan...

avira, bagus jg....
tp nmnya antivirus pst pny kelemahan dan jg kelebihannya....

Alfred bisuk mengatakan...

Wah udah makin maju aja nih blognya. Bagus bagus...
Kalo boleh sih mau nambahin dikit.
- selalu scan media yang anda gunakan untuk transaksi data pada komputer anda baik itu flashdisk,cd/dvd,harddisk portable,mp3player sebelum mengaksesnya.
- jangan terlalu percaya antivirus. Selalu berhati2 dalam buka file/folder. Jangan jalankan file / folder bila anda tidak kenal file / folder tsb. antivirus tidak menjamin bisa mengenal semua varian virus.
- jangan sembarang colok flashdisk, karena virus bisa terdapat d komputer manapun dan masuk tanpa d sadari.
- lebih baik pakai gratisan dari pada pakai bajakan. Hati2 pada file crack ( bahkan untuk antivirus ), bisa jadi crack d sisipi virus oleh pembuatnya. Kalau virus sdah terlanjur masuk ke OS, tak ada gunanya lg pasang antivirus. lebih aman pakai avg yg gratis dari pada pakai norton yg d crack (terkadang ada sality-nya). kalo mau lebih aman pakai kaspersky yg berlisensi resmi. harganya sktr 250rb untuk 3 pc.
- terakhir n paling ampuh untuk anda! pakai deep freeze. Buat dua partisi d harddisk (1 u/ OS , 1 lg u/ data). set agar deep freeze hanya aktif d partisi u/ OS. Hanya thaw deep freeze bila anda akan menambah software2 yg d percaya, kemudian d freeze lg setelah restart.
Sekian tips dari gw. semoga bermanfaat.
www.juragan-motor.tk

ArenaBetting.com mengatakan...

mantab info tipsnya ArenaBetting.com Dukung Fair Play FIFA World Cup AFSEL 2010