Jumat, 20 Februari 2009

Search engine

internet merupakan sumber informasi yang paling terlengkap dan juga ter-update/terbarum, namun terkadang kita mencari informasi yang alamatnya tidak kita ketahui.
Nah dengan menggunakan search engine/mesin pencari kita dapat mencari informasi menurut tema yang kita cari misalnya kita ingin mengetahui tentang terjadinya siang dan malam, kita dapat langsung mengetik "terjadinya siang dan malam" dan berikut adalah search engine/mesin pencari yang ternama seperti:

1. google (www.google.com)

google berdiri pada tahun 1998. website ini didirikan oleh dua orang bersahabat dari Stanford university. Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang. Saat ini google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. google mempunyai database yang besar, ditambah lagi google membagi database dengan mesin pencari lain, seperti yahoo. artinya, jika kata yang kita cari tidak ada di database google, pencarian akan dilakukan di database yahoo. Google juga mempunyai fasilitas pencarian menggunakan bahasa Indonesia

2. yahoo (www.yahoo.com)

yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan index direktori. Yahoo berasal dari koleksi pribadi jerry yang. Kelebihan yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan google. Jika kata yang dicari tidak terdapat di yahoo, pencarian akan dilakukan di database google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka tersaftar di index yahoo. Dengan kata lain, database yahoo memuat semua daftar halaman web.

3. altavista (www.altavista.com)

altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.

4. liycos (www.lycos.com)

lycos dibuat di Carnegie mellon university pada mei 1994. lycos merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunai kelebihan, yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com

google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia, yakni sekitar 29,5% pengguna, kemudian diikuti oleh yahoo sekitar 28,9% pengguna. Tempat ketiga adalah MSN yang digunakan oleh sekitar 27,6% pengguna. Altavista berada di posisi ke enam dengan presentase pengguna sekitar 4%. Dan lycos berada di posisi ke tujuh dengan presentase pengguna sekitar 2%.


Tidak ada komentar: